A. LATAR BELAKANG
Proses belajar bersifat individual dan kontekstual, artinya proses belajar terjadi dalam diri peserta didik sesuai dengan perkembangan dan lingkungannya. Pentingnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran tidak bisa dipungkiri lagi. Akan tetapi, sumber-sumber belajar yang ada di sekolah dan lembaga pendidikan lain selama ini, umumnya belum di kelola dan dimanfaatkan secara maksimal.
Padahal sumber belajar merupakan komponen sistem pembelajaran yang merupakan sumber-sumber belajar yang dirancang terlebih dahulu dalam proses desain atau pemilihan dan pemanfaatan, dan dikomendasikan menjadi sistem pembelajaran yang lengkap untuk mewujudkan terlaksananya proses belajar yang bertujuan dan terkontrol.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian sumber belajar ?
2. Apa saja klasifikasi dari sumber belajar ?
3. Apa saja komponen dari sumber belajar ?
4. Apa saja manfaat sumber belajar ?
C. TUJUAN
1. Mengetahui dan memahami makna dari sumber belajar
2. Mengetahui dan memahami klasifikasi dari sumber belajar
3. Mengetahui dan memahami komponen dari sumber belajar
4. Mengetahui dan memahami manfaat sumber belajar
PEMBAHASAN
A. Pengertian Sumber Belajar
Peserta didik seharusnya tidak hanya belajar dari guru atau pendidik saja, tetapi dapat pula belajar dengan berbagai sumber belajar yang tersedia di lingkungan. Sumber belajar adalah suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibuat agar memungkinkan peserta didik belajar secara individual.
Menurut Arif S. Sadirman, sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada diluar diri seseorang (peserta didik) yang memungkinkan atau memudahkan terjadinya proses belajar. Dimana peran guru bukanlah satu-satunya dari begitu banyak sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam belajar. Pentingnya penggunaan media pembelajaran sebagai sumber belajar yang terintegrasi dapat mengantarkan pesan dan mendorong terjadinya proses belajar guna mencapai proses pembelajaran.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Wina Sanjaya menyebutkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Sumber belajar disini meliputi orang, alat dan bahan, aktivitas dan lingkungan.
Berdasarkan beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh siswa untuk mempelajari suatu hal. Pengertian dari sumber belajar sangat luas. Sumber belajar tidak terbatas hanya buku saja tetapi dapat berupa orang, alat, bahan dan lingkungan yang dapat mendukung proses pembelajaran.
B. Klasfikasi Sumber Belajar
Klasifikasi sumber belajar ada enam, yaitu :
1. Pesan (message), yaitu informasi yang dapat disalurkan oleh komponen lain berbentuk ide, fakta, pengertian dan data. Dan juga dapat dijadikan bahan-bahan pembelajaran yang dapat diambil dari buku-buku, seperti: cerita rakyat, dongeng, nasihat dan lain-lain
2. Manusia (people), yaitu orang yang memiliki atau menyimpan banyak informasi dan tidak termasuk orang yang menjalankan fungsi pengembangan dan pengelolaan sumber belajar, biasanya yang memiliki informasi, seperti narasumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, guru dan lain-lain.
3. Bahan (material), yaitu sesuatu yang dapat disebut dengan software dan mengandung pesan yang dapat disajikan melalui alat sehingga dapat digunakan dan disajikan, seperti sildes, film, buku, gambar dan lain-lain
4. Peralatan (device), yaitu sesuatu yang dapat disebut hardware yang digunakan untuk menyalurkan pesan yang disajikan melalui software, peralatan ini dapat digunakan melalui papan tulis, tv, dan lain-lain
5. Teknik/metode (technique), yaitu prosedur yang disiapkan dalam penggunaan bahan pembelajaran, peralatan, situasi dan orang yang akan menyampaikan suatu pesan atau informasi.
6. Lingkungan (setting), yaitu situasi yang ada pada sekitar kita dan dimana banyak pesan dan informasi yang akan disalurkan, dan pada situasi inilah semua orang banyak menyalurkan infromasi kepada lingkungan sekitarnya seperti terdapat didalam ruang kelas, perpustakaan, aula dan lain-lain
C. Komponen Sumber Belajar
Komponen adalah bagian-bagian yang selalu ada di dalam sumber belajar, dan bagian-bagian ini merupakan satu kesatuan yang sulit berdiri sendiri sekalipun mungkin dapat dipergunakan secara terpisah. Komponen-komponen sumber belajar meliputi :
1. Tujuan, misi dan fungsi sumber belajar, yaitu setiap sumber belajar selalu memiliki tujuan atau misi yang akan dicapai. Tujuan setiap sumber itu selalu ada, baik secara eksplisit maupun implisit. Tujuan sangat dipengaruhi oleh sifat dan bentuk sumber belajar itu sendiri.
2. Bentuk, format atau keadaan fisik sumber belajar satu dengan lainnya berbeda-beda. Keadaan fisik sumber belajar ini merupakan komponen penting. Penggunaan atau pemanfaatannya hendaknya dengan mempertimbangkan segi waktu, pembiayaan dan sebagainya.
3. Pesan yang dibawa oleh sumber belajar. Setiap sumber belajar selalu membawa pesan yang dimanfaatkan atau dipelajari oleh para pemakainya. Para pemakai sumber belajar hendaknya memperhatikan bagaimana pesan disimak.
4. Tingkat kesulitan atau kompleksitas pemakaian sumber belajar. Tingkat kompleksitas penggunaan sumber belajar berkaitan dengan keadaan fisik dan pesan sumber belajar. Sejauh mana kompleksitanya perlu diketahui guna menentukan apakah sumber belajar itu masih bisa dipergunakan, mengingat waktu dan biaya yang terbatas.
D. Manfaat Sumber Belajar
Dengan memasukkan sumber belajar secara terencana, maka suatu kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dalam usaha pencapaian tujuan instruksional. Sebab sumber belajar sebagai komponen penting dalam proses belajar mengajar mempunyai manfaat cukup besar. manfaat sumber belajar tersebut adalah :
1. Memberikan pengalaman belajar secara langsung dan konkrit kepada peserta didik
2. Dapat menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi dan dilihat secara langsung dan konkrit
3. Dapat menambah dan memperluas cakrawala sajian yang ada di dalam kelas
4. Dapat memberi informasi yang akurat dan terbaru
5. Dapat memberi motivasi yang positif apabila diatur dan diperencanakan pemanfaatannya secara tepat
6. Dapat merangsang untuk berfikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut.
PENUTUP
KESIMPULAN
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan oleh siswa untuk mempelajari suatu hal. Sumber belajar tidak terbatas hanya buku saja tetapi dapat berupa orang, alat, bahan dan lingkungan yang dapat mendukung proses pembelajaran.
Klasifikasi sumber belajar ada enam macam, yaitu : pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan lingkungan.
DAFTAR PUSTAKA
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Amplikasinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sadiman, Arief S, dkk. 1986. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan). Jakarta : CV. Rajawali.
Syukur, Fatah. 2008. Teknologi Pendidikan. Semarang : Rasail.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2003. Tenologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
No comments:
Post a Comment