B. PEMBAHASAN
1. Pengertian Relevansi KI & KD dengan buku ajar Bahasa arab pendekatan saintifik untuk kelas 4 madrasah ibtidaiyyah
Menurut KBBI Relevansi memliki arti keterkaitan, dalam hal ini yaitu keterkaitan antara KI dan KD dalam mencapai tujuan pendidikan. Kompetensiinti (KI) adalah timgkat kemampuan untuk mencapai Stnadar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh perserta didik pada setiap tingkat kelas atau program. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan setiap mata pelajaran harus sesuai dengan kompetensi inti yang telah dirumuskan. Untuk mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar yang dikelompokan menjadi empat bagian, yaitu kompetensi sikap spritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan.
Buku ajar merupakan buku yang dipakai oleh siswa atau bisa disebut juga dengan buku siswa. Buku siswa adalah buku yang digunakan sebagai bahan ajar yang berisi ilmu pengetahuan hasil analisis terhadap kurikulum dalam bentuk tertulis. Buku siswa ini memuat materi pelajaran atau konsep - konsep dasar yang dibuat berdasarkan pendekatan tertentuk sehingga buku siswa sesuai digunakan dalam proses pembelajaran.
Menurut Suyatna (2013:1) pendekatan ilmiah berarti konsep dasar yang mengispirasi atau melatarbelakangi perumusan metode mengajar dengan menerapkan karakteristik ilmiah. Penerapan pendekatan ilmiah dalam pembelajaran tidak hanya fokus pada bagaimana mengembangkan kompetensi siswa dalam melakukan observasi atau eksperimen, namun bagaimana mengembangakan pengetahuan dan keterammpilan berpikir sehingga dapat mendukung aktivitas kreatif dalam berinovasi dan berkarya. Pembelajaran yang menerapkan metode saintifik mengandung aktivitas siswa berupa mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta.
Jadi dalam melaksanakan pembelajran bahasa arab, buku ajar yang digunakan oleh siswa harus sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Serta didalamnya mengandung materi - materi yang mendukung metode saintifik sehingga menciptakan aktivitas mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta.
2. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mengetahui relevansi KD & KI dengan Bahan ajar ( Buku Bahasa arab ) Kurikulum 2013
A. Aspek Isi
Hal yang perlu diperhatikan pada aspek isi adalah
1. Materi buku ajar mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta terhindar dari unsur ketidakpatutan
2. Memiliki keruntutan alur
3. Memuat daftar pendukung yang lengkap
4. Mendorong aktivitas pembelajaran peserta didik, teknik penyajian, pendukung sajian dan aktfitas pembelajaran.
B. Aspek Bahasa
Kriteria penilaian pada aspek bahasa adalah :
1. Kesesuaian dengan tingkat perkembangan berfikir peserta didik
2. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
3. Kesesuaian denga kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Memiliki keruntutan dan kesatuan gagasan
C. Aspek Kegrafikan (desain dan tata letak buku)
Pada aspek ini ada 5 kriteria penialaian :
1. Memiliki ukuran yang pas
2. Memiliki tampilan menarik
3. Huruf yang digunakan mudah dibaca
4. Sesuai dengan isi buku
5. Keteraturan isi buku
D. Aspek Tadqiq (Aspek transliterasi dan keakuratan pengutipan ayat - ayat Al Qur’an dan hadis serta terjemaannya)
Aspek tadqid ini memiliki 4 kriteria penilaian :
1. Memenuhi ketepata penulisan atau pengutiapan ayat dan terjemahannya sesuai Al - Qur’an standar kementrian agama.
2. Memenuhi ketepatan penulisan dan pengutipan hadis serta terjemahannya sesuai kitab hadis standar
3. Memenuhi standar penulisan transliterasi sesuai SKB Menteri Agama dan Mendikbud 1987
4. Serta memenuhi ketepatan pengutipan Al-Qur’an dan hadis sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
C. KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR(KD) BAHASA ARAB KELAS 4 IBTIDAIYYAH
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
Allah Swt atas terciptanya bahasa
yang beragam
1.1. Meresapi makna anugerah Allah Swt
berupa bahasa Arab
1.2. Mengakui dan mensyukuri anugerah
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya 2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu terhadap keberadaan wujud
benda melalui media bahasa Arab
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga dan guru
2.2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1. Mengidentifikasi bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat sederhana terkait
topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
baik secara lisan maupun tertulis
3.2. Menemukan makna dari ujaran kata,
frasa, dan kalimat sederhana terkait
topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
3.3. Memahami bentuk kata, frasa, dan
kalimat sederhana terkait topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
3.4. Memahami kata, frase dan kalimat
sederhana secara lisan dan tertulis
terkait topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
4.1. Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa,
dan kalimat Bahasa Arab terkait
topik:
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
4.2. Menyampaikan makna dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat kalimat
sederhana terkait topik:
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
4.3. Menggunakan kata, frasa, dan kalimat
sederhana terkait topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
4.4. Mengungkapkan kata, frase dan
kalimat sederhana secara lisan dan
tertulis terkait topik :
التعريف لنفس؛ ادوات ا¬درسية؛ أ#اب ا¬هنة
Tarkib اسم الإشراة+العلم و الاسم المفرد؛ ضمائر(أنا- أنت-أنت-هو-هي)+ العلم والاسم المفرد؛الاستفهام: من-ما-هل
KELAS 4 SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR
1. Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya
1.1. Meresapi makna anugerah Allah Swt
berupa bahasa Arab
1.2. Mengakui dan mensyukuri anugerah
Allah Swt atas terciptanya bahasa
yang beragam
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
2.1. Memiliki kepedulian dan rasa ingin
tahu terhadap keberadaan wujud
benda melalui media bahasa Arab
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga dan guru
2.2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, tetangga dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
3.1. Mengidentifikasi bunyi huruf, kata,
frasa, dan kalimat sederhana terkait
topik :العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت baik secara lisan maupun tertulis
3.2. Menemukan makna dari ujaran kata,
frasa, dan kalimat sederhana terkait
topik : العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
3.3. Memahami bentuk kata, frasa, dan
kalimat sederhana terkait topik : العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
3.4. Memahami kata, frase dan kalimat
sederhana secara lisan dan tertulis
terkait topik : العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia 4.1. Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa,
dan kalimat Bahasa Arab terkait
topik: العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.2. Menyampaikan makna dari ujaran
kata, frasa, dan kalimat kalimat
sederhana terkait topik: العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.3. Menggunakan kata, frasa, dan kalimat
sederhana terkait topik : العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
4.4. Mengungkapkan kata, frase dan
kalimat sederhana secara lisan dan
tertulis terkait topik : العنوان؛أفراد الأسرة؛ الأسرة في البيت
Tarkib الأرقام 1-10 والضمائر المتصلة المفردة ؛ الاستفهام : أين؟ والجار: في
D. RELEVANSI KI DAN KD DENGAN BUKU AJAR MADRASAH IBTIDAIYYAH KELAS IV
1. Relevansi KI-1 dan Kdnya dengan Buku Ajar
Penyajian materi dalam buku ajar siswa bahasa Arab telah relevan dengan KI-1 dan KD nya. Seperti penyajian khiwar tentang Atta’rifu Binnafsi mengawalinya dengan ungkapan assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. Dengan mengawali setiap khiwar dengan salam menjadi kerelevenan antara KI-1 dengan KDnya.
2. Relevansi KI-2 dan Kdnya dengan Buku Ajar
Dalam penyajian materi mengankat tema yang bersangkutan dengan kehidupan sosial. Contoh materi Atta’rifu Binnafsi, di dalam materi ini bukan sekedar memperkenalakan diri tetapi mengajarkan juga bagai mana berinteraksi dengan teman serta didukung dengan ilustrasi anak yang saling menyapa , anak yang saling berjabatangan. Hal ini lebih memberikan kesan daan gambaran terhadap siswa tentang bagaimana kita berinteraksi deengan orang lain. Di luar materi disain dari buku ajar pun menggunakan ikon-ikon yang bernuansa sosial seperti kata “ayo berlatih!!” disamping tuliasan tersebut disisipi gambar “seorang anak mengajak temannya” ikon ini mengajarkan pada siswa untuk memiliki rasa peduli dengan temannya.
3. Relevansi KI-3 dan KDnya dengan Buku Ajar
Materi yang disajikan dalam buku ajar telah relevan dengan materi yang ada pada KD, di dalam penyajian materinya juga juga telah terkonsep bagaimana agara siswa itu mendengar, melihat dan membaca. Dengan menuliskan khiwar kemudian menyajiakan gambar-gambar yang menarik dan sesuai materi, menyajikan kosakata untuk dihafal, menyajikan soal-soal ringan ini telah memenuhi apa yang harus didapatkan oleh sisiwa sesuai KI-3 dan KDnya.
4. Relevansi KI-4 dan KDnya dengan Buku Ajar
Tugas-tugas yang terdapat pada buku ajar ini yang menjadi relevan dengan KI-4 dan KD-nya. Karena tugas-tugas tersebut lebih mengarah pada praktik. Baik dengan permainan atau praktik langsung. Seperti mempraktikan khiwar dan permainan untuk menghafal kosakata.
E. REFLEKSI
Buku siswa bahasa arab Kurikulum 2013 yang dibuat oleh pemerintah, telah sesuai dengan KI (Kompetensi Inti) dan KD ( Kempetensi Dasar). Dimana kompetensi inti termuat 4 sikap yaitu sikap spiritual ditampilkan pada setiap awal pembahasan hiwar mengandung kalimat yang mengandung religius. Yang kedua sikap sosial terlihat pada materi pengenalan diri, ini mengajarkan keterampilan sosial pada siswa. Yang ketiga ialah sikap pegetahuan, karena buku tersebut secara jelas memuat materi - materi bahasa arab. Yang keempat yaitu sikap keterampilan terletak pada tugas - tugas yang diberikan berupa mempraktikan hiwar, dan permainan untuk menghafal kosakata.
F. SIMPULAN
Setelah melalui penilaian pada berbagai aspek terhadap Buku Guru dan Buku Siswa Bahasa Arab MI Kelas 4, dapat disimpulan bahwa: antara KD, KI dengan buku ajar memiliki Relevansi dengan materinya.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Urgensi Penerapan Pendidikan Moral Bagi Masa Depan Indonesia
Urgensi Penerapan Pendidikan Moral Bagi Masa Depan Indonesia Oleh : Sukron Ibnu Rofiq Banyak kasus pelanggaran di Indonesia yang mencermink...
-
Assalamualaikum, Saya posting ini untuk membantu mahasiswa PBA belajar khususnya dan untuk semua yang membutuhkan Heheh Semoga bermanfaa...
-
PEMBAHASAN A. P engertian A mil N awasib Amil nawasib merupakan diantara amil yang masuk pada fi’il mudhore. Sesuai deng...
-
Makalah administrasi pendidikan Penyusunan jadwal pelajaran BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Ilmu merupakan seluruh usaha sadar untuk ...
No comments:
Post a Comment